Cara menjadi cantik 100%

“Apakah aku cantik?”

Pertanyaan ini seringkali muncul di benak perempuan secara sadar atau tidak sadar. Apalagi, ketika perempuan itu melihat perempuan-perempuan lain yang mendapat ‘label cantik’ dari kebanyakan orang dan kemudian membandingkan dengan dirinya sendiri. Pada akhirnya, hal tersebut menimbulkan sikap rendah diri pada perempuan yang merasa dirinya tidak termasuk dalam golongan ‘label cantik’ tersebut. Bahayanya, sikap rendah diri ini bisa menimbulkan ketidakpercayaan diri untuk terus berkarya.

Tentunya pernyataan diatas tidak semata-mata dikeluarkan begitu saja. Berdasarkan observasi dari orang sekitar, memang betul seseorang yang merasa diri jelek akan lebih enggan untuk mengasah dirinya. Sebaliknya, seseorang yang merasa dirinya cantik biasanya lebih percaya diri dalam mengasah bakatnya.


Ucapan

Diibaratkan seperti api kecil yang lama kelamaan bisa membakar seluruh hutan yang besar, lidah yang kecil juga dapat mengakibatkan perkara-perkara yang besar (Yakobus 3 : 5). Hanya dengan perkataan negatif yang diucapkan lidah, kepercayaan diri seseorang dapat rontok begitu saja. Hanya dengan mengatakan “jelek” kepada orang lain, merasa jelek selama-lamanya timbul tanpa kendali.

Ucapan negatif adalah faktor kedua seorang perempuan merasa dirinya jelek. Padahal, belum tentu orang yang mengatakan dirinya jelek adalah orang penting yang berpengaruh dalam kehidupannya. Padahal, bisa saja ucapan ‘jelek’ hanya ungkapan candaan yang tak terpikirkan dua kali oleh si pengucap. Namun, akibat dari pernyataan tersebut sangat hebat hingga meruntuhkan kepercayaan diri.


Padahal

Hanya karena wajah yang tidak menonjolkan dagu, mata yang sipit tanpa lipatan, hidung tanpa batang yang jelas, dan rambut yang tidak panjang-lurus, perempuan - perempuan tersebut memejamkan kenyataan yang sesungguhnya terjadi. Kenyataan bahwa SETIAP PEREMPUAN CANTIK.

Terdengar klasik memang, tapi itulah kenyataan sesungguhnya. Setiap perempuan cantik dengan keadaan yang mereka miliki. Perempuan hanya tidak mengetahui cara menampilkan kecantikan dirinya.

Para perempuan hanya terpaku dengan apa yang dilihat mata, bukan dirasakan hati. Padahal, kecantikan yang terasa jauh lebih penting daripada kecantikan yang terlihat karena kecantikan yang terasa sifatnya lebih abadi ketimbang kecantikan yang terlihat. Bahkan, ketika seseorang yang memancarkan kecantikan hatinya, tanpa sadar kecantikan wajahnya akan terpancar juga. Sebaliknya, seseorang yang hatinya buruk, wajahnya tidak akan tampak cantik.
Selain hati, cantik juga terpancar dari kelebihan yang dimiliki perempuan. Tidak semata-mata dalam bidang edukasi seperti pelajaran-pelajaran di bangku sekolah dulu. Namun, kelebihan yang dikategorikan ketrampilan seperti seni. Oleh karena itu, penting seseorang perempuan mengetahui apa kelebihan mereka sehingga dapat diasah terus menerus sehingga bermanfaat dan memancarkan kecantikannya.


Langkah Menjadi cantik seutuhnya

1.     Lupakan definisi cantik kebanyakan orang.
Orang lain beranggapan cantik harus selalu tinggi, langsing, putih, dan rambut panjang. Lupakanlah definisi itu! Semua perempuan cantik bagaimanapun kondisi fisiknya.
2.     Perkatakan kata-kata positif setiap hari.
Tidak ada salahnya mengatakan pada diri sendiri bahwa diri kamu cantik. Justru perkataan adalah sebuah doa secara tidak langsung. Suatu hal positif yang dikatakan terus menerus dan dipercayai, lambat-laun akan menjadi sebuah kenyataan.
3.     Jangan dengarkan kata mereka
Tidak jelas apa alasannya, ada saja orang-orang yang suka berbicara yang menyakitkan hati kamu. Namun, tidak perlu diambil pusing. Tetap lebih percayakan diri kamu daripada kata-kata negatif orang tersebut.
4.     Menjadi tulus bukan bulus
Hati yang tulus memancarkan kecantikan utuh dari hati dan wajah. Seseorang yang memiliki niat bulus tentunya lambat laun akan ketahuan juga.
5.     Asah dirimu
Memancarkan kecantikan lewat kelebihan yang dimiliki sangat penting. Jika belum mengetahui kelebihanmu, teruslah mencari tahu. Jika sudah ketemu, tekuni terus sehingga dapat menjadi dampak untuk orang lain.



Hati yang tulus dan menjadi dampak bagi orang lain adalah perwujudan sesungguhnya dari definisi cantik. – Penina Yuliana Kirana.


Share:

0 comments